IMPLEMENTASI ALAT PERAGA LIGHT GEOBOARD PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Fatchiyah Rahman Universitas PGRI Jombang Author
  • Esty Saraswati Nur Hatiningrum Universitas PGRI Jombang Author
  • Silvya Nurhidayatur Rofi’ah Universitas PGRI Jombang Author

DOI:

https://doi.org/10.32682/qy1nb918

Abstract

Pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka ini, guru sebaiknya menggunakan pendekatan matematika realistik. Pada pembelajaran di sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran matematika, tidak hanya penting untuk menggunakan berbagai pendekatan, tetapi juga alat peraga yang sesuai. Berdasarkan hasil observasi, dengan memberikan sebuah angket pemahaman siswa, dengan hasil bahwa sebagian besar siswa masih kesulitan dalam memahami dan mengerjakan soal pada materi luas bangun datar. Sehingga penggunaan alat peraga light geoboard diperlukan untuk mempermudah pemahaman siswa pada materi luas bangun datar.

Metode pelaksanaan implementasi alat peraga pada pembelajaran matematika menggunakan alat peraga light geoboard dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu, pertama dengan melakukan sosialisasi kepada guru untuk mengenalkan light geoboard. Kedua melakukan pre-test siswa kelas V untuk mengetahui kemampuan awal dalam materi luas bangun datar. Ketiga melakukan penerapan light geoboard dalam pembelajaran untuk membantu siswa memahami konsep dan perhitungan luas bangun datar. Keempat melakukan post-test siswa untuk mengevaluasi pemahaman setelah pembelajaran dengan light geoboard. Kelima melakukan analisis hasil implementasi untuk menilai efektivitas alat peraga dalam meningkatkan pemahaman siswa.

Berdasarkan hasil kegiatan implementasi alat peraga light geoboard pada pembelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri Banjarsari, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami kenaikan yang signifikan. Hal ini dapat terlihat dari rata-rata nilai pre-test 12,3 menjadi 83,2 saat post-test. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-14