PENDAMPINGAN PROGRAM PENGUATAN LITERASI DALAM MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sabina Ndiung Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng Author
  • Sebastianus Menggo Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng Author
  • Eliterius Eliterius Sennen Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng Author

Keywords:

literasi, pendampingan, siswa sekolah dasar

Abstract

Literasi di sekolah dikembangkan dengan mendasarkan diri pada pendekatan penguatan literasi untuk dapat memcahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam tiga kegiatan, yaitu pembiasaan, program kegiatan, dan pendampingan. Kegiatan pendampingan ini atas kolaborasi satuan Pendidikan SDN Watu Mundung, orang tua murid dengan tim pengabdian Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. Adapun tahapan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini menggunakan pendekatan sosial, yang melibatkan secara aktif semua pemangku kepentingan dan penerima manfaat. Metode yang diterapkan yaitu Asset-Based Community Development. Hasil dari kegiatan pendampingan ini menunjukkan bahwa siswa SD memiliki kecakapan dalam hal berliterasi. Hal ini ditunjukkan oleh antusiasme siswa untuk mengikuti kegiatan yang merupakan bagian program literasi sekolah yang berkolaborasi dengan orang tua dan bermitra dengan perguruan tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan penguatan literasi sangat penting untuk dilakukan untuk menumbuhkan sikap pembiasaan pada peserta didik berliterasi yang berdampak pada kecakapan literasi sehingga menambah wawasan keilmuan bagi siswa dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari untuk hasil belajar yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-05-13