KELAS BILINGUAL SEBAGAI INKUBATOR PRESTASI MULTIDISIPLIN DI MAN 6 JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.32682/x4f1wj46Keywords:
Kelas Bilingual, Inkubator Prestasi, MultidisiplinAbstract
Perkembangan global menuntut lulusan madrasah menguasai kompetensi multidisiplin dan bahasa internasional (Inggris dan Arab). MAN 6 Jombang menghadapi tantangan berupa kesenjangan antara prestasi non-akademik yang mapan dengan capaian akademik (sains, matematika, literasi) yang perlu ditingkatkan, serta keterbatasan ekosistem pembelajaran reguler dalam mengintegrasikan penguatan bahasa asing secara intensif. Kegiatan ini bertujuan menganalisis implementasi program inovatif Kelas Bilingual sebagai inkubator prestasi multidisiplin di MAN 6 Jombang untuk menciptakan ekosistem pembelajaran yang terakselerasi dan berkelanjutan. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif melalui tahapan Identifikasi Masalah, Perumusan Solusi (Implementasi Kelas Bilingual), Pelaksanaan, dan Evaluasi. Analisis difokuskan pada mekanisme inkubasi melalui integrasi Content and Language Integrated Learning (CLIL), sistem moving class berbasis peminatan, dan program imersi bahasa bulanan (English/Arabic Blok). Hasil dan Pembahasan, bahwa solusi diimplementasikan melalui tiga komponen inti: (1) Pembelajaran Bilingual Berbasis CLIL, di mana guru wajib menggunakan bahasa target (Inggris/Arab) pada apersepsi dan refleksi pembelajaran, (2) Sistem Moving Class Berbasis Peminatan yang membagi siswa ke dalam empat klaster (Sains-Riset, Humaniora-Bahasa, Matematika Terapan, dan Keagamaan-Sosial) dengan mentor khusus, dan (3) Program Imersi Bahasa Bulanan (English/Arabic Blok) selama satu pekan penuh secara bergantian untuk menciptakan lingkungan bilingual yang autentik. Evaluasi awal menunjukkan peningkatan signifikan pada rerata skor tes diagnostik bahasa, peningkatan motivasi belajar, dan munculnya prestasi awal dalam kompetisi sains dan bahasa di tingkat kabupaten. Simpulan kegiatan ini adalah Program Kelas Bilingual terbukti berhasil menciptakan ekosistem pembelajaran yang adaptif, personal, dan intensif melalui sinergi CLIL, moving class, dan blok bahasa, menjadikannya inkubator yang efektif dalam mendorong lompatan prestasi multidisiplin yang berkelanjutan di MAN 6 Jombang